NAMA : NURHAYATI M SUMA
NIM : 291417025
https://athokillaz.wordpress.com/2016/01/13/fungsi-toolbar-pada-microsoft-word-2007/
FUNGSI
RIBBON PADA MICROSOFT WORD 2007
Ribbon pada MS Office 2007 yang
dimaksud adalah menu bar yang berisi segala macam icon. Pada MS office
terdahulu berupa menu bar yang berisi daftar menu berupa text list. Pada MS
Ofiice 2007,daftar menu berupa text list digantikan berupa icon semua, sehingga
membutuhkan tmpat yang lebih lebar, menyerupai pita.
1.
HOME
Menu "Home" adalah
toolbar menu yang berada pada ujung sisi kiri. Menu ini terdiri dari beberapa
kelompok icon yang memiliki fungsi cukup penting. Oleh karena itu diletakan
pada bagian pertama.
- Clipboard
- Pada bagian "Clipboard" terdapat beberapa Icon menu
sebagai berikut.
- Copy berfungsi untuk duplikasi atau mengcopy tilisan dari satu
tempat
- Cut sama seperti "Copy" hanya saja file yang kita
"cut" akan hilang.
- Paste berfungsi untuk meletakkan gambar setelah kita melakukan
"Cut" atau "Copy"
- Format painter berfungsi untuk
mengubah “painter”
- Font
Menu "Font" ini berfungsi untuk mengatur format
huruf yang digunakan seperti jenis huruf yang digunakan, jenis cetak (Bold,
Italic, Underline, coret,), merubah warna huruf dan warna latar huruf dan
beberapa format huruf lainnya.
- Paragraph
Menu ini berisikan icon - icon yang berfungsi untuk
mengatur sebuah paragraf yang sudah kita tulis pada microsoft word. Menu apa
saja yang terdapat di sini, dan apa fungsinya :
- Align Text berfungsi untuk pengaturan format paragraf rata
kanan, rata kiri, center, dan rata kanan kiri
- Line Spacing berfungsi untuk mengatur jarak atau spasi baik
antar paragraf, antar baris, dan antra sub judul dengan paragraf.
-
Shading berfungsi untuk memberikan
shading pada tulisan
-
Border untuk mengatur tabel
- Bullet & Numbering berfungsi untuk membuat opsi bullet atau
opsi numbering
- Styles
Styles berfungsi untuk mengatur styles huruf yang sudah
tersedia template stylenya. Jadi anda tidak perlu mengatur secara manual tapi
cukup untuk memilih salah satu style yang telah tersedia disana.
- Editing
Menu ini berfungsi untuk melakukan edit kata atau kalimat
yang sudah kita tulis. Menu ini berisi beberapa fungsi yaitu :
- Find berfungsi untuk mencari kata atau kalimat agar cepat kita
temukan
- Replace berfungsi untuk mereplace atau merubah kalimat atau
huruf secara otomatis pada lembar kerja microsoft word.
- Select ini sama dengan "Blok" atau menandai, kata,
tulisan atau objek lain. Sebab perintah edit pada Microsoft word dapat
dilakukan apabila kita sudah melakukan select terhadap kata atau kalimat yang
akan kita edit
2. INSERT
Fungsi toolbar ini seperti halnya namanya, yaitu untuk
meng-insertkan berbagai macam tambahan seperti tabel, shape, garis, menyisipkan
gambar, Header dan Footer dan lain sebagainya.
- Page
Page fungsinya untuk insert cover page atau kertas cover,
anda bisa menggunakan menu ini apabila anda anda ingin mendesain cover untuk
tulisan yang anda buat. Kemudian insert blank page, yaitu untuk membuka lembar
kerja baru (kosong). Sedangkan Page Break berfungsi untuk memberikan jeda dan
jarak antar halaman.
- Table
Table berfungsi untuk membuat atau meng-insert table.
- Illustrations
- Picture berfungsi untuk menyisipkan gambar dari komputer ke
lembar kerja microsoft word
- Clip Art berfungsi untuk menyisipkan gambar dalam bentuk
"Clip Art"
- Shapes untuk membuat berbagai macam bentuk dua dimensi seperti
kotak, garis, lingkaran dan lain sebagainya
-
SmartArt untuk memasukan bentuk
"Art" yang lain
- Chart berfungsi untuk membuat grafik atau diagram lengkap
- Link
- Header & Footer
- Header
berfungsi untuk membuat atau meng-insert Header
-
Footer untuk membuat sebuah
catatan kaki
-
Page Number untuk memberi nomor
halaman
- Text
- Text Box berfungsi untuk membuat atau memasukkan text box,
sebuah kotak yang berisi text dengan tulisan tertentu.
-
Quick Parts berfungsi untuk
memberikan Quick Parts
- WordArt berfungsi untuk insert atau membuat Art dalam bentuk
huruf dengan model tertentu
- Drop Cap berfungsi untuk membuat fariasi paragraf agar huruf
pertama dalam satu paragraf berbeda dari yang lainnya.
-
Signatur Line untuk insert
signatur line
- Data & Time untuk memasukkan data dan waktu saat itu secara
otomatis
- Object berfungsi untuk memasukan objek lain ke dalam microsoft
word untuk diedit
- Symbol
Menu ini juga cukup sering digunakan, Insert - Symbole berfunsi
untuk memasukkan symbol. Atau tepatnya menulis sebuah symbol, baik matematis
ataupun yang lainnya. Sedangkan Equation memang khusus digunakan untuk menulis
rumus - rumus matematis yang menggunakan desain dan format khusus sehingga akan
lebih mudah dan profesional
3.
Page Layout
Submenu page digunakan untuk pembuatan cover, membuat atau membuka
dokumen yang masih kosong dan membuat penggalan halaman.
- Themes
- Themes
digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna
hurufnya.
- Colors digunakan untuk mengatur warna tema halaman
-
Fonts digunakan untuk mengatur tema huruf yang
akan diterapkan ke halaman dokumen aktif
- Effects
digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen
- Page Setup
- Margins berfungsi mengatur "margin", yaitu ruang spasi
dari sisi tepi kertas ke ujung tulisan baik itu atas, bawah, samping kanan dan
kiri.
- Orientation berfungsi untuk mengatur orientasi kertas, lanscape
(memanjang) atau Potrait ( membujur)
- Size berfungsi mengatur ukuran kertas atau jenis kertas yang
kita gunakan untuk menulis
- Columns berfungsi untuk mengatur jumlah kolom penulisan, atau
membuat tulisan menjadi beberapa kolom. Banyak yang menyebut menu ini sebagai
kolom koran.
- Breaks berfungsi untuk mengatur page break yaitu antara halaman
penulisan yang satu dengan awal halaman penulisan selanjutnya
- Line Numbers untuk mengatur
penomoran lini
- Hyphenation untuk pengaturan hipenasi
- Page Background
- Watermark berfungsi untuk mengubah menghapus gambar atau teks di
belakang dokumen
- Page color berfungsi untuk mengubak latar belakang lembar kerja
dengan warna
-
Page border berfungsi untuk
mengubah style atau gaya garis border.
- Paragraph
- Inden Left berfungsi untuk mengatur ukuran jarak teks tepi kiri
lembar kerja
- Inden Right berfungsi untuk menentukan jarak teks dengan tepi
kanan lembar kerja
- Spacing before berfungsi untuk menentukan jarak antara teks
bawah dengan teks yang berada di atas (satu kalimat)
- Spacing After berfungsi untuk menentukan jarak antara paragraf
satu dengan paragraf lainya
- Arrange
- Position berfungsi untuk menentukan tata letak gambar yang sudah
disipkan
- Bring to front berfungsi untuk mengatur posisi objek lain dengan
objek lainya
- Send to back berfungsi untuk mengirim objek lain ke objek
sebelumnya
-
Text wrapping berfungsi untuk
meratakan teks dengan objek
-
Align berfungsi untuk meluruskan
objek gambar
- Group berfungsi untuk mengelompokan objek satu dengan yang
lainya jika ingin menggunakan pengaturan yang sama
- Rotate berfungsi untuk memutar gambar yang sudah disipkan
4.
REFERENCES
- Table Of Contents
-
Table Of Contents digunakan untuk pengelolaan
daftar isi
- Add
Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri
dalam daftar isi yang sudah dibuat
- Update
Table digunakan untuk memperbarui daftar isi
- Footnotes
- Insert
Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di
bagian bawah halaman atau footer)
-
Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di
akhir bab
-
Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote
dan endnote
- Show
Note digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun
endnote
- Citations & Bibliography
- Insert
Citations digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
- Icon
Manage digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah
disisipkan di semua segmen file dokumen
-
Style berfungsi untuk memilih bentuk
bibliography yang diinginkan
- Bibliography
digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif
- Captions
-
Insert Captions digunakan untuk membubuhkan
keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
- Insert
Table of Figure digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan
ke dalam dokumen
- Update
Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
- Cross-Reference
berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
- Index
- Insert
Index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen
- Update
Index digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini
- Table of Authorities
- Mark
Citations digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen
- Insert
Table of Authorities berfungsi untuk menyisipkan table sumber kutipan, sumber
undang-undang atau konstitusi
- Update
Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel.
5.
MAILINGS
- Create
- Envelopes digunakan
untuk membuat dan mencetak amplop
- Labels
digunakan untuk membuat dan mencetak label
- Start Mail Merge
- Start
Mail Merge untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
- Select
Recipients untuk membuat daftar penerima surat
- Edit
Recipient List untuk mengubah daftar penerima surat
- Write & Insert Field
- Highlight
Merge Field untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
- Address
Block untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
-
Greeting Line untuk menambah nama sapaan
- Insert
Merge Field untuk menambah informasi mengenai penerima surat
-
Rules untuk memberikan garis pada surat
-
Match Field untuk membandingkan surat
- Update
Labels untuk memperbarui label pada surat
- Preview Results
- Preview
Results untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat
-
Find Recipient untuk mencari daftar penerima
surat
- Auto
Check for Errors untuk mengecak kesalahan pada surat
- Finish
- Finish
& Merge untuk mengetahui bahwa surat yang dibuat sudah lengkap
6.
REVIEW
- Proofing
-
Spelling & Grammar : Memeriksa ejaan teks
-
Research : Membuka panel penelitian referensi
-
Thesaurus : Saran kata yang sepadan
-
Translate : Menerjemahkan kata ke bahasa lain
- Translation
Screen Tip : Memungkinkan suatuscreen tip menerjemahkan ke dalam bahasa lain
pada kata di kursor yang berhenti
- Set
Language : Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang
terpilih
- Word
Count : Menemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam document
- Comments
- New
Comment : Memasukkan komentar baru
-
Delete : Menghapus komentar
-
Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
- Next : Memperlihatkan
komentar selanjutnya
- Tracking
- Track
Change untuk menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
-
Balloons untuk memilih atau melihat hasil kerja
yang telah direvisi
- Display
for Review untuk memilih bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada
dokumen
- Show
Markup untuk memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
- Reviewing
Pane untuk menunjukkan suatu revisi pada jendela yang terpisah
- Changes
- Accept
and Move to Next untuk menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan
selanjutnya
- Reject
and Move to Next untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan
selanjutnya
- Previous
Change untuk menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga dapat
menerima/menolak
- Next
Change untuk menampilkan dokumen yang dapat diterima/ditolak
- Compare
- Compare
untuk mengkombinasikan berbagai versi dari document
- Show
Source Document untuk menunjukkan sumber dokumen yang terpilih
- Protect
- Protect
Document untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi
7.
VIEW
- Documents View
- Print
Layout untuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
- Full
Screen Reading untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
-
Web Layout untuk melihat hasil kerja di web
- Outline
View untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
- Draft
View untuk melihat hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat
dibenarkannya
- Show / Hide
- Rules
untuk menampilkan penggaris
-
Gridlines untuk menampilkan garis kisi
-
Message Bar untuk menampilkan batang pesan
-
Formula Bar untuk menampilkan batang formula
- Heading
untuk menampilkan heading
- Zoom
- Zoom
untuk Memperbesar tampilan
-
100% untuk memperbesar hasil lembar kerja ke
ukuran normal
- One
Page untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
- Two
Page untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
- New
Window untuk membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen tersebut
- Arrange
All untuk mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
- Split
Window untuk membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkan lembar
kerja
-
View Side by Side untuk memperlihatkan jendela
berdampingan
- Synchronous
Scrolling untuk membuat dua jendela menggulung bersamaan
- Reset
Window Position untuk menset ulang posisi jendela berdampingan
- Macros
- View
Macros untuk memperlihatkan macro dokumen
good !
BalasHapusterima kasih sangat membantu
BalasHapus