Sabtu, 25 November 2017

FUNGSI RIBBON PADA MICROSOFT WORD 2007




NAMA               : NURHAYATI M SUMA

NIM                    : 291417025

SUMBER       : http://www.sinaukomputer.net/2017/07/fungsi-menu-dan-ikon-pada-microsoft-word.html

https://athokillaz.wordpress.com/2016/01/13/fungsi-toolbar-pada-microsoft-word-2007/


FUNGSI RIBBON PADA MICROSOFT WORD 2007
            Ribbon pada MS Office 2007 yang dimaksud adalah menu bar yang berisi segala macam icon. Pada MS office terdahulu berupa menu bar yang berisi daftar menu berupa text list. Pada MS Ofiice 2007,daftar menu berupa text list digantikan berupa icon semua, sehingga membutuhkan tmpat yang lebih lebar, menyerupai pita.







1.      HOME
Menu "Home" adalah toolbar menu yang berada pada ujung sisi kiri. Menu ini terdiri dari beberapa kelompok icon yang memiliki fungsi cukup penting. Oleh karena itu diletakan pada bagian pertama.

  •     Clipboard
-  Pada bagian "Clipboard" terdapat beberapa Icon menu sebagai berikut.
-  Copy berfungsi untuk duplikasi atau mengcopy tilisan dari satu tempat
-  Cut sama seperti "Copy" hanya saja file yang kita "cut" akan hilang.
-  Paste berfungsi untuk meletakkan gambar setelah kita melakukan "Cut" atau "Copy"
-  Format painter berfungsi untuk mengubah “painter”


  • Font
Menu "Font" ini berfungsi untuk mengatur format huruf yang digunakan seperti jenis huruf yang digunakan, jenis cetak (Bold, Italic, Underline, coret,), merubah warna huruf dan warna latar huruf dan beberapa format huruf lainnya.


  • Paragraph
Menu ini berisikan icon - icon yang berfungsi untuk mengatur sebuah paragraf yang sudah kita tulis pada microsoft word. Menu apa saja yang terdapat di sini, dan apa fungsinya :
-    Align Text berfungsi untuk pengaturan format paragraf rata kanan, rata kiri, center, dan rata kanan kiri
-       Line Spacing berfungsi untuk mengatur jarak atau spasi baik antar paragraf, antar baris, dan antra sub judul dengan paragraf.
-       Shading berfungsi untuk memberikan shading pada tulisan
-       Border untuk mengatur tabel
-       Bullet & Numbering berfungsi untuk membuat opsi bullet atau opsi numbering


  • Styles
 
Styles berfungsi untuk mengatur styles huruf yang sudah tersedia template stylenya. Jadi anda tidak perlu mengatur secara manual tapi cukup untuk memilih salah satu style yang telah tersedia disana.

  •  Editing
  Menu ini berfungsi untuk melakukan edit kata atau kalimat yang sudah kita tulis. Menu ini berisi beberapa fungsi yaitu :
-  Find berfungsi untuk mencari kata atau kalimat agar cepat kita temukan
-  Replace berfungsi untuk mereplace atau merubah kalimat atau huruf secara otomatis pada lembar kerja microsoft word.
-  Select ini sama dengan "Blok" atau menandai, kata, tulisan atau objek lain. Sebab perintah edit pada Microsoft word dapat dilakukan apabila kita sudah melakukan select terhadap kata atau kalimat yang akan kita edit

2.   INSERT
Fungsi toolbar ini seperti halnya namanya, yaitu untuk meng-insertkan berbagai macam tambahan seperti tabel, shape, garis, menyisipkan gambar, Header dan Footer dan lain sebagainya.

  •   Page
Page fungsinya untuk insert cover page atau kertas cover, anda bisa menggunakan menu ini apabila anda anda ingin mendesain cover untuk tulisan yang anda buat. Kemudian insert blank page, yaitu untuk membuka lembar kerja baru (kosong). Sedangkan Page Break berfungsi untuk memberikan jeda dan jarak antar halaman.

  • Table
Table berfungsi untuk membuat atau meng-insert table.


  • Illustrations
-  Picture berfungsi untuk menyisipkan gambar dari komputer ke lembar kerja microsoft word
-  Clip Art berfungsi untuk menyisipkan gambar dalam bentuk "Clip Art"
-  Shapes untuk membuat berbagai macam bentuk dua dimensi seperti kotak, garis, lingkaran dan lain sebagainya
-  SmartArt untuk memasukan bentuk "Art" yang lain
-  Chart berfungsi untuk membuat grafik atau diagram lengkap


  • Link

  • Header & Footer
-  Header berfungsi untuk membuat atau meng-insert Header
-  Footer untuk membuat sebuah catatan kaki
-  Page Number untuk memberi nomor halaman

  • Text
-    Text Box berfungsi untuk membuat atau memasukkan text box, sebuah kotak yang berisi text dengan tulisan tertentu.
-    Quick Parts berfungsi untuk memberikan Quick Parts
-    WordArt berfungsi untuk insert atau membuat Art dalam bentuk huruf dengan model tertentu
-    Drop Cap berfungsi untuk membuat fariasi paragraf agar huruf pertama dalam satu paragraf berbeda dari yang lainnya.
-    Signatur Line untuk insert signatur line
-    Data & Time untuk memasukkan data dan waktu saat itu secara otomatis
-    Object berfungsi untuk memasukan objek lain ke dalam microsoft word untuk diedit


  • Symbol
 
Menu ini juga cukup sering digunakan, Insert - Symbole berfunsi untuk memasukkan symbol. Atau tepatnya menulis sebuah symbol, baik matematis ataupun yang lainnya. Sedangkan Equation memang khusus digunakan untuk menulis rumus - rumus matematis yang menggunakan desain dan format khusus sehingga akan lebih mudah dan profesional


3.      Page Layout
Submenu page digunakan untuk pembuatan cover, membuat atau membuka dokumen yang masih kosong dan membuat penggalan halaman.
  • Themes
-    Themes digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
-   Colors digunakan untuk mengatur warna tema halaman
-    Fonts digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif
-    Effects digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen


  • Page Setup
-    Margins berfungsi mengatur "margin", yaitu ruang spasi dari sisi tepi kertas ke ujung tulisan baik itu atas, bawah, samping kanan dan kiri.
-    Orientation berfungsi untuk mengatur orientasi kertas, lanscape (memanjang) atau Potrait ( membujur)
-    Size berfungsi mengatur ukuran kertas atau jenis kertas yang kita gunakan untuk menulis
-    Columns berfungsi untuk mengatur jumlah kolom penulisan, atau membuat tulisan menjadi beberapa kolom. Banyak yang menyebut menu ini sebagai kolom koran.
-    Breaks berfungsi untuk mengatur page break yaitu antara halaman penulisan yang satu dengan awal halaman penulisan selanjutnya
-    Line Numbers untuk mengatur penomoran lini
-    Hyphenation untuk pengaturan hipenasi


  •  Page Background
-     Watermark berfungsi untuk mengubah menghapus gambar atau teks di belakang dokumen
-     Page color berfungsi untuk mengubak latar belakang lembar kerja dengan warna
-    Page border berfungsi untuk mengubah style atau gaya garis border.



  • Paragraph
-    Inden Left berfungsi untuk mengatur ukuran jarak teks tepi kiri lembar kerja
-    Inden Right berfungsi untuk menentukan jarak teks dengan tepi kanan lembar kerja
-    Spacing before berfungsi untuk menentukan jarak antara teks bawah dengan teks yang berada di atas (satu kalimat)
-    Spacing After berfungsi untuk menentukan jarak antara paragraf satu dengan paragraf lainya


  • Arrange
-    Position berfungsi untuk menentukan tata letak gambar yang sudah disipkan
-    Bring to front berfungsi untuk mengatur posisi objek lain dengan objek lainya
-    Send to back berfungsi untuk mengirim objek lain ke objek sebelumnya
-    Text wrapping berfungsi untuk meratakan teks dengan objek
-    Align berfungsi untuk meluruskan objek gambar
-    Group berfungsi untuk mengelompokan objek satu dengan yang lainya jika ingin menggunakan pengaturan yang sama
-    Rotate berfungsi untuk memutar gambar yang sudah disipkan
 


4.      REFERENCES

  • Table Of Contents
-    Table Of Contents digunakan untuk pengelolaan daftar isi
-    Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
-    Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi

  • Footnotes
-    Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer)
-    Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab
-    Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote
-    Show Note digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote

  • Citations & Bibliography
-    Insert Citations digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
-    Icon Manage digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen
-    Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
-    Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif

  • Captions
-     Insert Captions digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
-     Insert Table of Figure digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
-     Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
-     Cross-Reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang

  • Index  
                 -  Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen
-   Insert Index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen
-   Update Index digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini

  • Table of Authorities
 
-        Mark Citations digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen
-     Insert Table of Authorities berfungsi untuk menyisipkan table sumber kutipan, sumber undang-undang atau konstitusi
-     Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel.





5.      MAILINGS
  

  • Create
-  Envelopes digunakan untuk membuat dan mencetak amplop
-  Labels digunakan untuk membuat dan mencetak label

  • Start Mail Merge

-     Start Mail Merge untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
-     Select Recipients untuk membuat daftar penerima surat
-     Edit Recipient List untuk mengubah daftar penerima surat
 


  • Write & Insert Field
 
-  Highlight Merge Field untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
-  Address Block untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
-  Greeting Line untuk menambah nama sapaan
-  Insert Merge Field untuk menambah informasi mengenai penerima surat
-  Rules untuk memberikan garis pada surat
-  Match Field untuk membandingkan surat
-  Update Labels untuk memperbarui label pada surat

  • Preview Results

-  Preview Results untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat
-  Find Recipient untuk mencari daftar penerima surat
-  Auto Check for Errors untuk mengecak kesalahan pada surat


  • Finish


-  Finish & Merge untuk mengetahui bahwa surat yang dibuat sudah lengkap

6.      REVIEW



  • Proofing
 

-      Spelling & Grammar : Memeriksa ejaan teks
-      Research : Membuka panel penelitian referensi
-      Thesaurus : Saran kata yang sepadan
-      Translate : Menerjemahkan kata ke bahasa lain
-      Translation Screen Tip : Memungkinkan suatuscreen tip menerjemahkan ke dalam bahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
-    Set Language : Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih

-    Word Count : Menemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam document
 


  • Comments

-  New Comment : Memasukkan komentar baru
-  Delete : Menghapus komentar
-  Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
-  Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya


  • Tracking   
-   Track Change untuk menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
-       Balloons untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi
-     Display for Review untuk memilih bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada dokumen
-     Show Markup untuk memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
-     Reviewing Pane untuk menunjukkan suatu revisi pada jendela yang terpisah
  

  • Changes

-     Accept and Move to Next untuk menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
-     Reject and Move to Next untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
-     Previous Change untuk menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga dapat menerima/menolak
-     Next Change untuk menampilkan dokumen yang dapat diterima/ditolak


  • Compare
 

-  Compare untuk mengkombinasikan berbagai versi dari document
-  Show Source Document untuk menunjukkan sumber dokumen yang terpilih




  • Protect

-  Protect Document untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi



7.      VIEW



  • Documents View

-      Print Layout untuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
-       Full Screen Reading untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
-       Web Layout untuk melihat hasil kerja di web
-       Outline View untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
-     Draft View untuk melihat hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya



  • Show / Hide
 

-  Rules untuk menampilkan penggaris
-  Gridlines untuk menampilkan garis kisi
-  Message Bar untuk menampilkan batang pesan
-  Formula Bar untuk menampilkan batang formula
-  Heading untuk menampilkan heading



  • Zoom

-  Zoom untuk Memperbesar tampilan
-  100% untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
-  One Page untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
-  Two Page untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh

-  Page Width untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman


  • Window
-        New Window untuk membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen tersebut
-        Arrange All untuk mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
-     Split Window untuk membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkan lembar kerja
-     View Side by Side untuk memperlihatkan jendela berdampingan
-     Synchronous Scrolling untuk membuat dua jendela menggulung bersamaan
-     Reset Window Position untuk menset ulang posisi jendela berdampingan

  • Macros
                                 -     View Macros untuk memperlihatkan macro dokumen










2 komentar: